Senin, 15 Juni 2015

Donat Ubi Unyu



DONAT UBI UNYU



Donat adalah salah satu varian dari roti goreng yang paling populer. Bukan hanya di Indonesia tapi juga di jagat raya ini. Membuat donat sendiri tentu rasanya jauh lebih enak daripada anda beli di Jco ato Dunkin ( dengan catatan donat yang anda bikin hasilnya beneran donat bukannya malah roti yang gak jelas rasa & bentuknya…he6x ).  Ada 2 jenis donat yang sering kita temui yaitu yang bolong di tengah ( beda ama sundel bolong yach ) dan yang bulet utuh. Untuk donat yang bulat dengan ada lubang ditengahnya biasanya ditaburi bermacam bahan seperti meyses ( cokelat beras ), keju, gula halus dan lainnya sedangkan donat yang bulat utuh biasanya diisi cokelat, strawberry, nanas dan lain-lain.
Jika biasanya anda makan donat dengan warna cokelat ato kuning kecoklatan, pernahkah anda menyantap donat yang berwarna ungu? Jangan bingung dulu karena bahan yang digunakan agar donat bisa berwarna ungu adalah pewarna alami, bukan pewarna makanan yang aneh-aneh. Disini saya menggunakan bahan dasar ubi yang berwarna ungu. Jadi anda tahu kan kenapa warna donatnya bisa menjadi ungu tanpa harus ditambakan pewarna buatan. Selain itu anda tidak perlu repot menambahkan gula pasir karena ubi ungu ini rasanya sudah manis. So, anda bisa makan donat tanpa khawatir ancaman diabetes. Di artikel ini saya akan menuliskan resep cara membuat donat ubi ungu yang simpel.
Resep Cara Membuat Donat Ubi Ungu :
- Ubi ungu 1/2 kg
- Tepung terigu sebanyak 1/2 kg
- Mentega sebanyak 1 sdm
- Ragi instan / fermipan 1 bks ( 11gr )
- Air matang sebanyak 200 cc
- Garam ( sesuai selera ) sebanyak 1 sendok teh
- Topping ( meyses, keju, gula halus, cokelat leleh )
Cara membuat :
1.    Rebus ubi ungu hingga matang kemudian lumat di mangkok besar sampai halus. O iya jangan lupa kulitnya dibuang ya kecuali anda emang suka makan ubi sekalian kulitnya.
2.   Setelah itu masukkan tepung terigu, ragi instan, garam ( bila anda ingin mendapat donat dengan rasa yang gurih ), mentega  dan air matang. Uleni hingga kalis.
3.   Tutup wadah menggunakan serbet yang sebelumnya sudah dibasahi agar adonan mengembang sempurna. Diamkan selama ± 20 menit.
4.   Setelah itu mulailah proses pencetakan donat. Anda bisa memakai banyak cara untuk mencetak donat. Bisa dengan cara sederhana yaitu ambil sedikit adonan, taruh diatas wadah datar yang sebelumnya sudah ditaburi tepung terigu agar tidak lengket kemudian buat menjadi bulat pipih, setelah itu lubangi tengahnya dengan jempol ato sumpit. Ada juga yang menggunakan cetakan khusus donat yang bisa dibeli di took buku eh toko bahan roti ato supermarket terdekat. Ingat ya…harus supermarket yang bener-bener dekat dengan rumah anda agar anda tidak capek! Kalo anda punya duit banyak bisa beli alat cetakan donat listrik.
5.   Lanjut sampai semua adonan habis & biarkan lagi sekitar ± 20 menit.
6.   Panaskan minyak goreng trus goreng sampai matang (berubah warna menjadi kecoklatan ).
7.   Hias dengan topping sesuai selera anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar