Sabtu, 27 Juni 2015

Tips Memilih Printer Buat Rumahan



Tips Memilih Printer Yang Pas Buat Penggunaan Di Rumah

Mencetak tulisan, dokumen atau foto dengan  printer saat ini sudah merupakan sebuah kebutuhan bagi perusahaan, instansi, kantor, sekolah, bahkan individu.
Di jaman sekarang banyak sekali dokumen yang perlu kita print, scan atau fotocopy. Dengan adanya printer yang mempunyai fitur scan tersebut, tentu kita bisa membuat arsip digital seperti : akta kelahiran, KTP, STNK, Ijazah , SIM , buku nikah, foto jadul dan masih banyak lagi. Selain itu fitur fotocopy membuat kita seperti punya mesin fotocopy pribadi, sehingga bila suatu saat butuh untuk mengcopy KTP untuk keperluan tertentu kita tidak dipusingkan harus keluar rumah hanya sekedar memfotocopy selembar KTP. Di toko komputer, toko buku besar, hypermarket dan mall banyak menyediakan berbagai printer yang bagus & up to date dengan harga yang terjangkau. 

Untuk anda yang awam soal printer biasanya bingung saat berada di toko tersebut. Karena belum tahu banyak tentang printer seringkali konsumen terjebak membeli printer yang tidak sesuai kebutuhannya. Repotnya, banyak toko yang selalu menawarkan untuk memakai sistem tabung infus-an ( CISS atau Continous Ink Supply Sistem ). Dilihat sekilas memang praktis dan mudah karena hemat tinta ( tabung besar sehingga kapasitas tinta juga banyak ), praktis ( tabung tinta diluar jadi proses isi tinta mudah dan mudah cek tinta penuh atau hampir habis) dan tidak perlu sering beli cartridge yang harganya bisa lebih mahal dari printer baru bila membeli 2 cartridge sekaligus ( hitam & warna ). Intinya adalah, sebelum membeli sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Perhatikan tips dibawah ini untuk memilih printer yang cocok untuk rumah maupun kantor :
1. Sebelum datang ke toko, banyaklah bertanya kepada rekan atau cari informasi di dunia maya mengenai A-Z tentang printer.
2. Tentukan fungsi utama yang dominan. Misal : hanya mencetak dokumen saja atau sering menggunakan scan, fotocopy dan atau fax.
3. Tentukan anggaran yang ada untuk membeli printer tersebut.
4. Estimasikan penggunaan printer dalam 1 minggu atau 1 bulan.
5. Jangan pernah memakai sistem infus bila anda tidak memahami karakter printer model ini karena bila salah dalam pemakaian malah menghambat aktivitas cetak anda ( harus dibawa ke tukang servis printer, akhirnya malah keluar ongkos tambahan ).
6. Printer yang dibuat sistem infus oleh toko sudah pasti menghilangkan garansi resmi pabrikan.
7. Jangan takut untuk banyak bertanya ke pramuniaga toko tentang printer yang anda butuhkan ( spesifikasi, keunggulan, cara perawatan, cara pemakaian dan lain-lain ).
8. Pastikan printer yang anda beli memiliki garansi resmi dari pabrikan ( ada kartu garansi di dalam dus ).
Dari beberapa merek printer yang ada, saya lebih merekomendasikan merek HP ( Hewlett Packard ) karena harganya terjangkau, harga cartridgenya juga ekonomis & cara pemakaian dan perawatan sangat mudah sehingga mempelancar aktivitas cetak anda.
Untuk tipe-tipe printer HP apa saja yang cocok buat kebutuhan anda akan saya posting di artikel terpisah.
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar