Sabtu, 27 Juni 2015

Soto Banyumas Pak Reja




Soto Banyumas Pak Reja
Beberapa waktu lalu seorang teman kirim bbm ( maksutnya blackberry messenger yach bukan premium atau pertamax….) ke saya. Dia bercerita tentang sebuah penemuan penting di abad ini ( lebay bingitz yach…). Intinya adalah teman saya baru saja makan soto di daerah Indraprasta. Bukan soto Semarang yang banyak dijumpai di kota lumpia yang diceritain, namun soto khas Banyumas yang setahu saya belum ada di kota Semarang ( kecuali bikin sendiri …he..he..he..). Langsung saja saya meluncur ke TKP untuk mengecek kebenaran cerita teman saya karena perut udah mulai mengeluarkan suara sumbang…he…he…

Nama tempatnya yaitu Soto Banyumas Pak Reja yang ada di Jl. Emplak Indraprasta No. 187 ( dekat Hotel Indraprasta ). Setelah pesanan jadi langsung saya coba ni soto. Rasa sotonya emang unik karena memakai kuah sambal kacang ( mirip pecel atau gado-gado ). Trus yang unik lagi adalah soto ini gak pake nasi tapi lontong ( tapi tetap disediain nasi bila ada konsumen yang minta ). Di Banyumas sana memang soto banyumas menggunakan ketupat atau lontong. Perpaduan kuah soto bening dengan sambal kacang memang bisa menghasilkan sensasi tersendiri di lidah. Untuk dagingnya ada 2 pilihan yaitu ayam & sapi. Jadi bagi yang tidak suka daging sapi bisa tetap menikmati soto ini. 


Suasana ditempat ini juga enak dan santai. Penjualnya ramah bingits ( yang bikinin jus cantik lho…hi..hi..hi..) & kalo diperhatiin pak Reja ini mirip ama pak Ganjar Pranowo lho….hi…hi…hii….Ngomongin Banyumas tentu tak lengkap bila tidak ada mendoan. Tenang guys, pak Reja bener-bener tau cara memanjakan konsumennya dengan menyediakan mendoan asli Banyumas yang terkenal enak dan sleb tlenyeerrr. Beda mendoan semarang dengan mendoan Banyumas adalah bahan baku & cara menggorengnya. Meski sama-sama memakai bahan dasar tempe namun untuk mendoan Banyumas memakai tempe yang dicetak ( dibungkus ) satu-satu jadi tidak perlu diiris & digoreng setengah matang ( tepung masih basah ) sedangkan mendoan Semarang memakai tempe bentuk panjang yang diiris tipis & digoreng matang. Ada juga perkedel kentang yang legit di mulut. Untuk minumnya ada pilihan es teh & aneka juice. 

Selain soto, di tempat ini juga menyediakan beberapa cemilan khas Banyumas yaitu nopia ( kayak merek hp jaman jadul ya….) & kripik tempe. Untuk nopia tersedia rasa duren, coklat & gula jawa. Harga seporsi soto banyumas dengan daging ayam adalah Rp. 6,000 & kalo pake daging sapi anda cukup siapin Rp. 8,000. Untukharga segelas juice anda bisa lihat di gambar yang ada di artikel ini ( capek kalo nulis satu-satu….). Soto pak Reja biasa buka dari jam 7 pagi ampe 4 sore namun di bulan puasa ini berubah dari jam 11 siang sampai 6.30 malem. Jadi buat kalian yang bingung mencari menu makan buat buka puasa atau tempat bukber bareng temen-temen bisa langsung ke TKP. Cukup sekian dulu ya tulisan dari saya soalnya kalo kepanjangan kalian malah ngiler…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar